HP. Semuanya pasti tergiur dengan
benda satu itu. Benda yang sangat canggih apalagi dimata pelajar tetapi tidak
seberapa dengan kelemahannya salah satunya dari segi manfaatnya hanya dibuat
semena- mena untuk bergaya saja, pemborosan sangat besar,dll . Disamping
itu berbahaya digunakan oleh pelajar berandal, kebanyakan pengguna tidak
memperhatikan fungsi sebenarnya HP. Mereka mempersalahgunakan HP tersebut
dengan adanya video senonoh di dalam hp mereka, memfungsikannya sebagai aksi
tindak brutal atau kejahatan,dll.
AKIBAT YANG DITIMBULKAN OLEH
HANDPHONE
HP adalah alat komunikasi aktif
yang universal dan fleksibel. Pada awalnya merupakan barang mewah, tetapi
sekarang sudah bukan lagi. HP telah menjadi bagian gaya hidup. Tidak hanya
orang-orang penting yang memanfaatkan HP, tetapi orang biasapun telah
menggunakan HP. Begitu juga anak- anak sekolah. Mereka merupakan konsumen
terbesar untuk HP. Masalahnya adalah apakah ada pengaruh HP terhadap prestasi belajar
anak?
Jika kita memperhatikan, maka
mayoritas anak sekolah mempunyai HP dengan
fitur yang lengkap. Berbagai fasilitas ada di dalam HPnya sehingga mereka dapat
melakukan apapun dengan alat tersebut. Dan, karena keasyikan bermain dengan HP,
maka anak lupa akan tugas dan kewajiban utamanya.
Setiap saat kita dapat menemui
beberapa anak bergerombol dan ber-HP ria. Mereka begitu riang saat berbicara di
HP. Ada juga yang asyik memencet tombol keyboard-nya
untuk menulis sms untuk teman-temannya. Begitulah keasyikan mereka bermain HP
sehingga banyak kegiatan mereka tertunda. Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh
keberadaan HP bagi anak-anak adalah:
·
Mengalihkan Perhatian
Dalam kenyataannya, HP berhasil
mengalihkan perhatian siswa dari proses pembelajarannya.
Mereka lebih memperhatikan HP daripada semua penjelasan yang diberikan guru.
Tentunya jika kondisi ini
terjadi, maka pengaruh HP terhadap prestasi belajar benar-benar
mereka alami. Akibat terlalu memperhatikan HP, maka penjelasan guru diabaikan.
Akibatnya, prestasi mereka-pun merosot. Ini merupakan salah satu akibat dari
pengaruh HP pada anak-anak
·
Menurunkan Konsentrasi
Konsentrasi adalah tingkat
perhatian kita terhadap sesuatu. Dalam konteks belajar, berarti tingkat perhatian siswa
terhadap segala penjelasan dan bimbingan belajar sang guru. Seharusnya, seluruh
perhatian siswa diarahkan pada apa yang sedang mereka pelajari, tetapi
seringkali HP menyita sebagian besar waktu mereka.
`Sementara kita tahu bahwa
penjelasan dan bimbingan guru merupakan salah satu cara belajar yang
efektif. Jika mereka tidak memperhatikan, maka mereka telah kehilangan
kesempatan untuk mengetahui apa yang telah mereka pelajari. Akibatnya, saat
evaluasi, mereka tidak mempunyai bekal untuk evaluasi tersebut. Dan, nilai yang
didapatkannya pasti rendah. Nilai rendah yang didapatkan siswa pada saat
evaluasi diindikasikan sebagai proses pembelajaran yang tidak berhasil atau
gagal.
·
Melupakan Tugas dan Kewajiban
HP sebenarnya sangat bermanfaat
jika dipergunakan sebagaimana fungsinya. Tetapi yang terjadi selama ini
terjadi, khususnya pada anak-anak adalah penyalahgunaan HP untuk keperluan
lain. Anak-anak asyik bermain dengan HP dan melupakan tugas kewajiban utamanya.
Mereka tidak lagi memperhatikan
tugas kewajibannya sebab disibukkan oleh HP. Akibatnya, anak tidak menguasai materi
belajarnya. Tidak ada satupun materi yang tersimpan dalam memori otak sebab
memang tidak ada yang dimasukkan ke sana.
Pada saat proses pembelajaran
berlangsung, seringkali kita melihat beberapa siswa bermain HP. Walaupun
sudah sering diperingatkan untuk tidak menggunakan HP saat proses pembelajaran, tetapi pelanggaran tersebut
tetap saja terjadi, mereka sembunyi sembunyi saat melakukannnya. Tidak mungkin
kita secara terus menerus merazia HP mereka.
Dengan bermain HP saat proses pembelajaran berlangsung,
itu artinya siswa telah mengabaikan dan melupakan tugas dan kewajiban utamanya.
Hal ini tentu saja tidak boleh terjadi dan tugas kewajiban guru untuk
memperingatkannya.
Tetapi meskipun demikian, peranan
guru tidak mungkin membatasi secara mutlak sebab ada anak yang menggunakan HP
tersebut untuk keperluan komunikasi dengan keluarganya. Misalnya
jika mereka harus antar jemput saat bersekolah.
·
Malas Belajar
Anak-anak yang sudah kecanduan
HP, maka setiap saat yang dilakukannya hanyalah bermain HP dan HP. Mereka tidak
pernah berpikir pada hal yang lainnya. Bagi mereka, yang terpenting adalah HP.
Jika ke mana-mana tidak ada HP, maka rasanya tidak lengkap, bahkan ada beberapa
anak yang tidak mau melakukan kegiatan karena tidak
punya HP.
Pada saat-saat belajar, anak-anak
menghadapi buku dengan dampingan HP. Pada awalnya HP digunakan untuk mendengar musik untuk
menciptakan suasana nyaman, refreshing pikiran. Tetapi, ketika ada yang
mengirim sms atau menelpon, maka mulai saat itulah mereka berpindah kegiatan.
Mereka sibuk dengan kegiatan barunya dan melupakan kegiatan belajar. Mereka
jadi malas untuk belajar dan asyik bertelpon ria atau bersms ria.
Keberadaan HP memang sangat
penting bagi kehidupan di zaman global ini. Tetapi jika ternyata HP mengganggu
proses belajar dan menurunkan prestasi belajar anak,
lebih baik mereka tidak diberi HP. Oleh karena itulah, peranan orang tua, guru
dan masyarakat sangat menentukan keberhasilan kit adalam meminimalisasi
pengaruh HP terhadap prestasi belajar siswa.
·
Mengganggu Perkembangan Anak
Dengan canggihnya fitur-fitur
yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan
mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka
disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan
dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk
mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran
dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan
akan menjadi budak teknologi.
·
Efek radiasi
Selain berbagai kontroversi di
seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk
terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam
menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang
tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara
permanen.
·
Rawan terhadap tindak kejahatan
Sangat berpotensi mempengaruhi
sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua.
HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno
dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.
·
Pemborosan
Dengan mempunyai HP, maka
pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal
yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja.
- Meningkatnya video porno dan kata-kata yang tidak senonoh
Akibat yang sangat berbahaya oleh
siswa adalah penggunaan HP dengan tujuan yang menyimpang seperti mengisi video
porno ke dalam HP dan menggunakan kata-kata yang tidak senonoh. Tak sedikit
pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di HP mereka.
Di samping itu juga HP digunakan untuk tukar-tukaran jawaban ujian.
Dampak negatif HP biasanya
ditemukan pada HP yang cukup canggih yang memiliki fitur kamera, internet, dan
bluetooth yang memudahkan pengguna HP untuk menyimpan dan sharing data-data
yang tidak sepatutnya untuk disimpan. Untuk itu, diperlukan solusi untuk memecahkan
masalah tersebut agar siswa (generasi muda) tidak rusak moralnya hanya karena
kecanggihan teknologi seperti HP. Jadi, langkah-langkah yang harus dilakukan
adalah mencari kesibukan dan fokus terhadap kesibukan kita. Sehingga, siswa
tidak hanya menyibukkan diri dengan HP saja. Serta siswa memanfaatkan HP dengan
baik dan seperlunya saja. Sehingga, siswa dapat menghindari komunikasi yang
sia-sia dan membuang-buang waktu dan biaya. Yang terpenting, siswa juga mampu
meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta mempertahankannya.
Pengaruh handphone terhadap
prestasi belajar siswa ternyata juga bisa buruk. Hal ini dicontohkan dengan
siswa yang mungkin malah keasyikan telepon atau
SMS dengan teman/pacar sehingga mereka lupa untuk belajar. Mereka merasa bebas
untuk menelepon atau SMS. Berbeda bila menggunakan telepon rumah, yang
penggunaannya dikontrol ketat oleh orang tua.
Fitur hiburan pada handphone juga
bisa menurunkan prestasi belajar siswa. Misalnya MP3, siswa bisa saja lebih
suka bersantai dengan mendengarkan lagu ketimbang harusbelajar. Selain MP3,
ada game yang juga bisa membuat siswa lebih suka menuntaskan bermain game
daripada menuntaskan tugas sekolah.
Fitur internet pada handphone
memang bisa memberikan pengaruh baik, tapi bila tidak digunakan secara bijak,
hal ini bisa saja malah menurunkan prestasi belajar
siswa. Kemudahan siswa untuk bisa memperoleh info apa saja, bisa membuat
siswa terlena oleh dunia maya. Apalagi saat ini banyak beredar jejaring sosial,
hal ini bisa membuat siswa lebih suka menghabiskan waktu untuk mengutak-atik
handphone daripada belajar.
Handphone bukan sekedar
kebutuhan, tapi sudah menjadi gaya hidup. Bahkan, ada anggapan kalau tidak
punya handphone, maka akan dicap sebagai orang kampungan. Hal seperti ini
bisa mempengaruhi mental siswa. Mereka akan lebih memikirkan gaya hidup daripada memikirkan
kegunaan handphone itu sendiri, mereka tidak fokus dalam belajar karena lebih
mementingkan gaya hidup pergaulan.
Pengaruh handphone terhadap
prestasi belajar siswa yang lain adalah siswa menjadi lebih mengandalkan
handphone daripada harus belajar. Contohnya, saat ujian, siswa bisa mencontek
atau menanyakan jawaban pada teman lewat handphone (dengan SMS). Tentu akan
mengurangi minat siswa dalam belajar karena berpikir kalau mereka pasti bisa
melewati ujian asalkan ada
handphone. Kasus seperti ini sudah banyak sekali ditemukan di Indonesia.
Jadi, Perkembagan teknologi
sekarang yang cukup mdern dapat mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia.
Maraknya HP sekarang juga sudah merusak akhlak pelajar dinegeri kita rusak.
Menggunakan HP lebih baik tidak pada waktu belajar dan jauhilah anak yang suka melihat dan menggunakan HP dengan tidak seharusnya/semestinya.
Menggunakan HP lebih baik tidak pada waktu belajar dan jauhilah anak yang suka melihat dan menggunakan HP dengan tidak seharusnya/semestinya.
SUMBER :
http://www.lampungprov.go.id/berita-368-efek-negatif-penggunaan-handphone-apabila-terlalu-sering-digunakan
https://parkminrin123.wordpress.com/
http://three-hacker.blogspot.co.id/2011/06/dampak-buruk-dan-bahaya-radiasi.html
http://three-hacker.blogspot.co.id/2011/06/dampak-buruk-dan-bahaya-radiasi.html
0 comments:
Post a Comment