Get me outta here!

Tuesday 12 May 2015

Pengangguran

Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.

Jenis-Jenis Pengangguran dan Contohnya

  1. Pengangguran friksional (frictional unemployment) adalah pengangguran yang disebabkan karena sedang menunggu pekerjaan yang lebih baik.
  2. Pengangguran struktural (Structural unemployment) adalah pengangguran yang disebabkan oleh para pencari kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan yang layak tapi pencari kerja tersebut tidak sesuai dengan kriteria atau syarat yang ditentukan penerima kerja.
  3. Pengangguran teknologi (Technology unemployment) adalah pengangguran yang disebabkan karena para pekerjaan kurang menguasai teknologi di jaman era sekarang ini sehingga harus digantikan dengan orang lain.
  4. Pengangguran kiknikal adalah pengangguran yang disebabkan kemunduran ekonomi suatu perusahaan sehingga terjadi pemecatan sepihak hubungan kerja.
  5. Pengangguran musiman adalah pengangguran yang disebabkan oleh perubahan musim.Seperti petani dan nelayan.
  6. Pengangguran setengah menganggur adalah pengangguran yang bekerja kurang dari jam kerja normal.
  7. Pengangguran keahlian adalah pengangguran yang disebabkan karena tidak adanya lapangan kerja yang sesuai dengan bidang keahlian. Sehingga ada pengangguran yang bekerja sesuai dengan keahliannya tapi tidak mendapatkan upah.
  8. Pengangguran total adalah pengangguran yang benar-benar tidak mendapat pekerjaan, karena tidak adanya lapangan kerja atau tidak adanya peluang untuk menciptakan lapangan kerja.
  9. Pengangguran unik adalah pekerja yang menerima gaji secara rutin tanpa pemotongan, tetapi di tempat kerjanya hanya sering diisi dengan bercerita sesama pekerja karena minimnya pekerjaan yang harus dikerjakan.Ini dikarenakan adanya kelebihan pada tenaga kerja.
Penyebab Pengangguran
Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.
Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan membandingkan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen.
Ketiadaan pendapatan menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan. Pengangguran yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya. Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik, keamanan dan sosial sehingga mengganggu proses pembangunan.

Cara mengatasi pengangguran :
Pengangguran struktural adalah dengan Peningkatan mobilitas modal dan tenaga kerja,segera memindahkan kelebihan tenaga kerja dari tempat dan sector yang kelebihan ke tempat dan sektor ekonomi yang kekurangan,Mengadakan pelatihan tenaga kerja untuk mengisi formasi kesempatan (lowongan) kerja yang kosong, dan Segera mendirikan industri padat karya di wilayah yang mengalami pengangguran.
Pengangguran friksional adalah dengan Perluasan kesempatan kerja dengan cara mendirikan industri-industri baru, terutama yang bersifat padat karya,Deregulasi dan debirokratisasi di berbagai bidang industri untuk merangsang timbulnya investasi baru,Menggalakkan pengembangan sektor informal, Menggalakkan program transmigrasi untuk menyerap tenaga kerja di sektor agraris dan sektor formal lainnya,Pembukaan proyek-proyek umum oleh pemerintah
Pengangguran musiman dengan cara: Pemberian informasi yang cepat jika ada lowongan kerja di sektor lain,Melakukan pelatihan di bidang keterampilan lain untuk memanfaatkan waktu ketika menunggu musim tertentu.
Pengangguran siklis dengan cara : Mengarahkan permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa, Meningkatkan daya beli masyarakat.

Contoh Pengangguran yang ada di sekitar rumah saya adalah pengangguran friksional.  seseorang telah lulus S1 lalu dia mencari pekerjaan di sebuah perusahaan , awalnya dia di terima bekerja di sebuah perusahaan beberapa bulan bekerja dia berhenti karena merasa kurang puas dengan gaji yang dia dapatkan. .Menurut saya cara mengatasinya adalah penganggur ini harus berusaha agar dapat sesuai dengan syarat yang ditentukan misalnya jika yang ditentukan adalah lulusan S2 maka penganggur ini harus melanjutkan pendidikannya agar bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan yang di inginkan.

SUMBER :

0 comments:

Post a Comment