Manajemen
Pemasaran atau Manajemen Permintaan ?
Manajemen
Pemasaran disebut juga dengan Manajemen Permintaan.
Manajemen
pemasaran adalah suatu
analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang
bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi, oleh karena
itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
Pada
dasarnya manajemen permintaan (demand management) didefinisikan sebagai
suatu fungsi pengelolaan dari semua permintaan produk untuk menjamin bahwa
penyusunan jadwal induk (master scheduler) mengetahui dan menyadari
semua permintaan produk itu.
Kebutuhan & Keinginan berdasar Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan dalam konsep
pemasaran merupakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen maupun
pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang
akan di pasarkan kepada konsumen sehingga sangat berkaitan dengan
pemasar.
Keinginan merupakan
suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di
dambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar
berkeinginana untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat memajukan
perusahaannya.
Perbedaan Pasar dan Pemasaran
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi,
prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa
dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.
Dalam ilmu
ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan
pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran
barang atau jasa untuk uang adalah transaksi.
Pemasaran
Pemasaran adalah
suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,
menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat
memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Philip
Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
Bauran Pemasaran ( Marketing Mix )
Bauran
pemasaran merupakan suatu kerangka kerja yang
membantu dalam penyusunan suatu pendekatan untuk setiap pasar. Bauran
pemasaran merupakan suatu kumpulan variabel yang dapat dikontrol yang
ditawarkan kepada (dan mempengaruhi) pelanggan. Variabel-variabel tersebut
meliputi: produk/jasa itu sendiri, ketersediaannya, imagenya (cara
promosinya), dan harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya.
Variabel-variabel
tersebut merupakan sejumlah unsur (4P) dimana seorang manajer pemasaran
harus membaurkannya secara bersama-sama dalam mengoptimalkan sejumlah sumber
daya yang terbatas.
Product (produk), yaitu kualitas produk atau jasa, fungsi-fungsi,
sifat, ciri-ciri, dan keuntungan karena desain dan pengepakan, garansi/jaminan,
serta pelayanan purna jual (after sales service). Berbagai pilihan bisa
dibuat untuk aspek-aspek mana pun.
Price (harga), meliputi harga yang ditawarkan kepada end-user, harga perdagangan distributor, diskon/potongan tunai, diskon besar-besaran dan kredit berjangka.
Place (tempat), di mana dan kapan para pelanggan membeli dan mengkonsumsi produk atau jasa itu. Tempat kadang-kadang dihubungkan dengan saluran pemasaran, distribusi fisik logistik atau lokasi.
Promotion (promosi), merupakan bauran promosi atau bauran komunikasi. Bauran ini meliputi reklame/periklanan, promosi penjualan, publisitas atau pemberitaan, direct mail, pertunjukan, pameran, pengepakan, penjualan, dan juga secara lisan (dari mulut ke mulut).
Price (harga), meliputi harga yang ditawarkan kepada end-user, harga perdagangan distributor, diskon/potongan tunai, diskon besar-besaran dan kredit berjangka.
Place (tempat), di mana dan kapan para pelanggan membeli dan mengkonsumsi produk atau jasa itu. Tempat kadang-kadang dihubungkan dengan saluran pemasaran, distribusi fisik logistik atau lokasi.
Promotion (promosi), merupakan bauran promosi atau bauran komunikasi. Bauran ini meliputi reklame/periklanan, promosi penjualan, publisitas atau pemberitaan, direct mail, pertunjukan, pameran, pengepakan, penjualan, dan juga secara lisan (dari mulut ke mulut).
0 comments:
Post a Comment